Definisi Multimedia

Definisi Multimedia

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing pengetahuan saya tentang apa itu multimedia?? Ya multimedia sangat lekat denga anak-anak Teknik Komputer Jaringan pada kelas SMK , akan tetapi untuk kita yang sedang ingin mencoba belajar bahasa pemrograman baik itu berbasis android alangkah baik kita mengenal terlebih dahulu tentang apa itu multimedia

Agar tidak terlalu panjang langsung saja kita masuk kepada pembahasan

Multimedia adalah penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Sistem Multimedia adalah suatu sistem yang dapat mensuport secara terintegrasi penyimpanan, transmisi dan representasi sejumlah media discret (digital) berupa text, grafik, citra, audio dan video melalui komputer.

Tipe media digital:

Media yang bersifat Time-Independent

  1. Infromation / data bukan merupakan fungsi waktu
  2. Teks
  3. Grafik (grafik computer)
  4. Citra (photo)
  5. Audio
  6. Video
  7. Animasi (komputer grafik)

Karakteristik sistem multimedia :

  • Secara terintegrasi

– Pembuatan

– Pemrosesan

– Penyimpanan

– Representasi

– Transmisi

  • Dokumen multimedia yang bersifat time-dependent dan time-independent

Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia :

  1. Kombinasi Media

Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/ discrete) dipakai.  Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.

  1. Independence

Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan atau keterkaitan antar media tersebut rendah.

  1. Computer-supported Integration
  2. Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer / user.

Karakteristik dari Suatu Sistem Multimedia yang Berdiri Sendiri (stand alone multimedia system)

  • Data Video

Secara harfiah data video adalah susunan gambar yang berurutan berdasarkan waktu. Berdasarkan hal tersebut data video merupakan ukuran dari 2 jenis kapasitas yaitu:

– Intra Frame Size

Ukuran sebuah kapasitas gambar.

Dari contoh sebuah frame dengan ukuran 640 x 480, dengan kedalaman warna (colour depth) 24 bit, maka besar kapasitas dari gambar tersebut sebesar 7.372.800 bit atau 921.600 bytes

Inter Frame Size

Ukuran dari sebuah full motion dalam satuan waktu,  dimana frame ratenya bergantung dari bit rate yang digunakan apakah dengan NTSC atau PAL jika menggunakan PAL maka ukuran kapasitas video dengan ukuran 640 x 480, 24 bit dalam wtk 1 detik memiliki kapsitas  23.040.000 bytes, atau 21,.97 Mbytes.

 

About the Author
Muhammad Fahru Roji
Namanya adalah Fahru , dia adalah anak ke 2 dari 6 bersaudara kakaknya perempuan dan adik-adiknya ada perempuan 2 dan laki-laki 2 dan dia terlahir dari keluarga sederhana bapa seorang guru dan ibu seorang ibu rumah tangga Semasa kecilnya hidup lingkungan pesantren sampai lulus Madrasah Aliyah , Kemudian dia melanjutkan kuliah saya di bidang yang berbeda yaitu di STTG ( Sekolah Tinggi Teknologi Garut) dimana dia mengambil jurusan Teknik Informatika dan Alhamdulillah lulus tepat waktu pada tahun 2017.. dan alhamdulillah juga sekarang dia sudah bekerja di perusahaan IT Sinergi yang berada di dekat rumahnya ..
%d blogger menyukai ini: