Sistem Operasi

Sistem Operasi

Dengan seiring berkembangnya teknlogi kita tidak diasingkan lagi dengan kata sistem operasi , apa sebetulnya sistem operasi itu? Dan seperti apa perkembangan pada sistem operasi

Sebelum kita mengenal lebih dalam alangkah baiknya kita mengetahui seputar sistem oprasi

Mari kita mulai..

Sistem Operasi atau biasa disebut OS / Operating System , merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur dan engendalikan perangkat keras / Hardawre yang bisa memberikan kemudahan para pengguna komputer .

Macam-macam sistem operasi terbagi kepada beberapa kategori

  • Microsoft Windows

Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%

  • Unix

Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA). UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portabel, multi-tasking dan multi-user.

  • Mac OS

Mac OS “Klasik” adalah sistem operasi grafis yang berasal dari keluarga Mac OS. Sistem operasi ini dibuat oleh Apple Inc. untuk Komputer Personal Macintosh pada tahun 1984 sampai 2001. Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang mempopulerkan penggunaan GUI. Sistem operasi ini datang pre-install dengan komputer Macintosh dan juga dapst ditemukan terjual terpisah.

Perkembangan sistem operasi dibagi dalam beberapa generasi

  • Generasi Awal (1945-1955)

Generasi Pertama merupakan awal dari perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik dikarenakan kecepatan manusia untuk menghitung sangat terbatas dan seringkali manusia membuat kecerobohan bahkan kesalahan.
Pada generasi pertama ini belum adanya sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung oleh penggunanya.

  • Generasi Kedua (1955-1965)

Pada generasi kedua ini, telah memperkenalkan Batch Processing System, yaitu sebuah Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.

Generasi ini, sistem komputer belum dilengkapi oleh sistem operasi, namun, beberapa fungsi sistem operasi telah ada, seperti contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS & IBSYS.

  • Generasi Ketiga (1965-1980)

Sistem operasi pada generasi ketiga umunnya dikembangkan untuk melayani banyak pemakai.

Sistem operasi menjadi multi user (digunakan oleh banyak pengguna), multi programming (digunakan melayani program yang banyak sekaligus) dan multi tasking (melayani banyak tugas dan pekerjaan/Batch Processing System).

  • Generasi Keempat (1980-2000an)

Pada generasi keempat ini telah menggunakan GUI (Graphical User Interface) alias antar muka komputer yang berbasis grafis yang nyaman serta mudah digunakan.

Pada generasi ini juga dimulainya era komputasi tersebar, dimana komputasi tidak lagi berpusat pada satu titik, tetapi dipecah di abnyak komputer sehingga kinerjanya menjadi lebih baik.

  • Generasi Selanjutnya

Pada generasi ini telah diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi dan Sistem Operasi Bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti PC, Laptop, Notebook. Pada masa ini diperkenalkan Visualization System yakni satu komputer dapat diclonning secara virtual menjadi lebih dari satu komputer yang dapat bekerja secara bersama, Cross Platform Operating System (multiboot system) yang dapat menggabungkan dua atau lebih Sistem Operasi yang berbeda seperti Linux dan Windows.

Demikian Penjelasan tentang informasi mengenai seputar SO / Sistem Operasi, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda…

About the Author
Muhammad Fahru Roji
Namanya adalah Fahru , dia adalah anak ke 2 dari 6 bersaudara kakaknya perempuan dan adik-adiknya ada perempuan 2 dan laki-laki 2 dan dia terlahir dari keluarga sederhana bapa seorang guru dan ibu seorang ibu rumah tangga Semasa kecilnya hidup lingkungan pesantren sampai lulus Madrasah Aliyah , Kemudian dia melanjutkan kuliah saya di bidang yang berbeda yaitu di STTG ( Sekolah Tinggi Teknologi Garut) dimana dia mengambil jurusan Teknik Informatika dan Alhamdulillah lulus tepat waktu pada tahun 2017.. dan alhamdulillah juga sekarang dia sudah bekerja di perusahaan IT Sinergi yang berada di dekat rumahnya ..
%d blogger menyukai ini: