Cara Istalasi WordPress di Lokal Komputer

Cara Istalasi WordPress di Lokal Komputer

Pada tutorial ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk menginstall wordpress. Komponen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Web server dengan PHP versi 5.2.4 atau lebih tinggi (direkomendasikan : PHP 5.4 atau lebih tinggi)
  2. MySQL (Database Server) versi 5.0 or lebih tinggi (direkomendasikan: MySQL 5.5 atau lebih tinggi)

Untuk menginstall web server di komputer lokal (bukan internet), dapat mengikuti tutorial Membuat Server Web Lokal dengan XAMPP.

Setelah web sever lokal siap, langkah berikutnya adalah:

  1. Download CMS WordPress dari situs https://wordpress.org/. Di tutorial ini saya menggunakan wordress-4.1.zip. Untuk mendapatkan daftar lengkap versi WordPress, masuk halaman download (klik tombol Download), kemudian masuk menu Release Archieve (https://wordpress.org/download/release-archive/).
  2. Ekstrak folder wordpress yang ada di dalam file download tersebut ke folderhtdocs. Bagi yang memasang XAMPP di      drive C:, maka target ekstraknya adalah C:\xampp\htdocs\wordpress.
  3. Untuk memastikan hasil ekstrak benar, folderC:\xampp\htdocs\wordpress akan memiliki folder wp-admin, wp-content, wp-includes, dan beberapa file php. 
  4. Berikutnya adalah setup wordpress.
  5. Buka Browser (Misal: Mozilla Firefox atau Google Chrome), kemudian buka alamat: http://localhost/wordpress
  6. Pilih bahasa, kemudian klik Continue
  7. Berikutnya adalah menyiapkan database untuk menyimpan data WordPress. 
  8. Untuk membuat database baru, buka tab/window baru dari browser
  9. Buka alamat http://localhost/phpmyadmin
  10. Klik New pada kolom sebelah kiri
  11. Kemudian masukan nama database, misalnya:wpdb, kemudian klik Create
  12. Kembali ke Tab/WindowsSetup WordPress, klik tombol Let’s Go!
  13. Isi konfigurasi database sesuai dengan yang dibuat. Database Name: wpdb, User Name: root, Password: [diisi jika ada], Table Prefix: wp_
  14. Klik Submit
  15. Anda akan dibawa masuk ke halaman Install, Klik Run the Install
  16. Jika proses setup berhasil maka akan tampil halaman berikut.
  17. Klik Login, Anda akan dibawa ke halaman login ke Back End. Halaman Back End ini bisa diaskses di alamat http://localhost/wordpress/wp-admin 
  18. Untuk melihat web WordPress dari sisi pengunjung (Front End), buka alamathttp://localhost/wordpressSekian dan Terimakasih .. Semoga Bermanfaat..

 

 

 

 

About the Author
Muhammad Fahru Roji
Namanya adalah Fahru , dia adalah anak ke 2 dari 6 bersaudara kakaknya perempuan dan adik-adiknya ada perempuan 2 dan laki-laki 2 dan dia terlahir dari keluarga sederhana bapa seorang guru dan ibu seorang ibu rumah tangga Semasa kecilnya hidup lingkungan pesantren sampai lulus Madrasah Aliyah , Kemudian dia melanjutkan kuliah saya di bidang yang berbeda yaitu di STTG ( Sekolah Tinggi Teknologi Garut) dimana dia mengambil jurusan Teknik Informatika dan Alhamdulillah lulus tepat waktu pada tahun 2017.. dan alhamdulillah juga sekarang dia sudah bekerja di perusahaan IT Sinergi yang berada di dekat rumahnya ..
%d blogger menyukai ini: